Latest Post
Loading...

Jan 9, 2018

PGRI Cab. Banua Lawas dan Pugaan : Jalan Sehat, Menguatkan Kebersamaan, Menguatkan Pendidikan Karakter

 


Pendidikan karakter merupakan proses pembentukan karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spiritualitas, dan kepribadian seseorang. Maka, pendidikan karakter atau pendidikan moral itu merupakan bagian penting dalam membangun jati diri sebuah bangsa. Salah satu upaya menumbuhkan karakter dalam diri individu adalah mewujudkan kegotong-royongan, sehingga melahirkan rasa kebersamaan, persatuan, saling tolong menolong. Demikian pula halnya dalam Pendidikan, maka kebersamaan sangat diperlukan sekali agar terbangun jiwa kegotong-royongan. Guru sebagai sentral di satuan Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam membentuk dan membangun karakter Pendidikan.
PGRI Kabupaten Tabalong sebagai wadah organisasi guru dalam mengembangkan profesi, tentu sangat berperan dalam merajut kebersamaan para guru, dan hal ini secara kontinyu dilaksanakan PGRI Kabupaten Tabalong untuk merajut dan memperkuat Kebersamaan dengan Para Guru melalui berbagai kegiatan dan event, dan diantaranya adalah melaksanakan koordinasi dan pembinaan terhadap PGRI Cabang Kecamatan se Kabupaten Tabalong.

Dalam konteksnya dengan menguatkan kebersamaan sesama guru, maka PGRI Cabang Kecamatan Banua Lawas  menggelar jalan sehat bersama dalam rangka peringati Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke 72, Tingkat Kecamatan Banua Lawas, Selasa (09/01/2018).
Ratusan guru beserta keluarga mengenakan seragam kaos PGRI dan pakaian olahraga masing-masing telah berkumpul di halaman SDN Pasar Arba yang terdiri dari para guru/Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA/SMK/Madrasah.

Hadir dalam kegiatan Jalan sehat ini Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani dan Pengurus PGRI Kabupaten Tabalong, dan Unsur Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong.

Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani memberikan sambutan dan melepas langsung acara jalan santai ini. Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa dengan bertambahnya usia PGRI diharapkan semakin memajukan anggotanya dalam pengembangan diri dan profesinya, tidak hanya menjadikan organisasi profesi ini semakin solid saja.  

Bupati Tabalong mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para guru atas kebersamaan yang telah dirajut selama ini dan Beliau mengharapkan agar kebersamaan sesama guru terus dipupuk dan ditingkatkan sedemikian rupa sehingga profesi guru semakin mulia karena karya.

Dalam kegiatan jalan sehat ini, disediakan berbagai hadiah dan dooprize yang disediakan oleh Panitia PGRI Cabang Banua Lawas seperti kipas angina, payung, rice cooker dan lain-lain. Dan dalam kesempatan tersebut, Bupati Tabalong memberikan Hadiah Sepeda Motor Roda 2 Merk Honda Beat sebanyak 1 buah sebagai hadiah Utama bagi yang pemenang undian. 

Dalam laporannya, ketua panitia seraya memulai dengan mengucapkan yel-yel PGRI, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas hadiah utama dari Bupati Tabalong, dan mengatakan bahwa start Jalan Santai dimulai dari Halaman Halaman SDN Pasar Arba.

Berbarengan waktu dengan kegiatan tersebut, PGRI Cabang Pugaan juga melaksanakan kegiatan serupa berupa Jalan sehat yang dimulai di Halaman SMKN 1 Pugaan dan diikuti oleh ratusan guru dan keluarga.

Tema yang diusung serupa dengan tema peringatan HUT PGRI ke 72 dan Hari Guru Nasional 2017 Provinsi Kalimantan selatan, yakni 'Membangkitkan kesadaran kolektif guru dalam meningkatkan disiplin dan etos kerja untuk penguatan pendidikan karakter'.


Semoga Profesi Guru semakin mulia karena karya dan semakin menguatkan Kebersamaan.

SALAM GURU INDONESIA

No comments:
Write komentar

Slider 2