Latest Post
Loading...

Jan 8, 2018

KKG PAUD TK Haruai : Bimtek Akreditasi : songsong akreditasi online 2018

 


Pendidikan yang berkualitas adalah upaya untuk melahirkan manusia Indonesia yang cerdas dan berakhlak mulia, kemudian mampu bersaing. Menciptakan Pendidikan berkualitas tinggi merupakan amanah Undang-undang. Pendidikan sangat berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia menurut ukuran normatif. Sistem pendidikan yang baik diharapkan muncul generasi penerus bangsa yang berkualitas dan mampu menyesuaikan diri untuk hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Peran pendidikan penting juga dalam membangun peradaban bangsa yang berdasarkan atas jati diri dan karakter bangsa.
Banyak faktor yang menentukan peningkatan kualitas pendidika di Indonesia, salah satu diantaranya adalah Kebijakan pemerintah berkaitan dengan Pendidikan.
Apapun persoalan bangsa yang dihadapi, komitmen kita untuk melaksanakan pembangunan pendidikan sesuai dengan amanat konstitusi dan berbagai peraturan perundangan-undangan yang berlaku tetap dipegang. Komitmen ini direalisasikan dalam berbagai kebijakan dan program yang diarahkan untuk mencapai tujuan meningkatnya kualitas sumber daya manusia demi tercapainya kemajuan bangsa dan negara di masa depan, sebagaimana yang kita cita-citakan bersama.
Kebijakan Pemerintah Kabupaten Tabalong, Bidang Pendidikan yang dijabarkan dari visi-misi Bupati Tabalong, Bapak H. Anang Syakhfiani, yaitu mewujudkan Pendidikan yang berkualitas sudah tepat, hal ini mengingat program skala prioritas yang dilaksanakan di bidang Pendidikan melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong sudah selaras dengan visi-misi Bupati Tabalong.
Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam menyelenggarakan Pendidikan yang berkualitas adalah meningkatkan mutu dan kompetensi sumber daya Pendidikan, baik Peningkatan mutu kompetensi SDM Pendidik dan Tenaga Kependidikan, peningkatan sarana prasarana, dan sebagainya.
Untuk mendukung program skala prioritas Bupati Tabalong, maka Kelompok Kerja Guru ( KKG ) PAUD TK Kecamatan Haruai, menyelenggarakan kegiatan Peningkatan mutu Pendidik melalui Bimbingan Teknis Akreditasi PAUD on line dengan mengundang narasumber Bapak H. Shopia Elhadi, S.Ag.,M.M.Pd., Asesor PAUD BAN PAUD PNF dalam memberikan materi Persiapan Akreditasi PAUD on line. Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari, ( Senin, 8/01/2018 ) bertempat di TK Negeri Pembina Kecamatan Haruai.

Dalam penjelasannya, H. Shopia elhadi mengungkapkan bahwa kebijakan BAN PAUD PNF Tahun 2018 adalah menyelenggarakan akreditasi PAUD secara on line yang disebut dengan SISPENA PAUD PNF ( system informasi penilaian akreditasi ) PAU PNF.
Ditambahkan oleh Shopia elhadi, bahwa pada Tahun 2017, BAN PAUD dan PNF melaksanaan akreditasi 10.913 program dan satuan dan pada tahun 2018, BAN PAUD dan PNF dipercaya untuk melaksanakan akreditasi dengan sasaran kuota akreditasi 30.275 program dan satuan. Peningkatan kuota yang tiga kali lebih besar dari tahun 2017 tersebut, memerlukan suatu sistem penilaian akreditasi yang terintegrasi berbasis jejaring online sehingga pelaksanaan akreditasi akan berjalan secara simultan, terpusat dan mudah diakses masyarakat. Sebagai langkah awal strategi dalam menyukseskan penuntasan capaian kuota tersebut, maka BAN PAUD dan PNF pada tahun 2018 akan menerapkan Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena) PAUD dan PNF secara online dengan pemanfaatan Data Pokok Pendidikan dan Kebudayaan (Dapodik) dalam proses pelaksanaan akreditasi. Dapodik merupakan pangkalan data pendidikan dan kebudayaan yang terintegrasi untuk menunjang pelaksanaan akreditasi PAUD dan PNF secara efektif dan efisien. Berdasarkan hal tersebut, BAN PAUD dan PNF melaksanakan pelatihan Sistem Informasi Manajemen Akreditasi (SIMA) dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, dan kompeten yang akan menjadi penentu keberhasilan pelaksanaan aplikasi Sispena BAN PAUD dan PNF. 
Aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi PAUD dan PNF yang dirancang untuk memberikan kemudahan pengelolaan pangkalan data penilaian akreditasi, agar pengelolaan data lebih cepat prosesnya dan pelayanan data yang terkomputerisasi akan lebih mudah digunakan yang pada akhirnya meningkatkan kinerja, kualitas layanan, serta kualitas data yang dihasilkan.

Kegiatan Bimbingan ini sangat penting sekali difahami oleh peserta mengingat system informasi penilaian akreditasi online sebagai salah media tolok ukur peningkatan mutu Lembaga PAUD TK di Kabupaten Tabalong, dan tentunya upaya Kelompok Kerja guru PAUD TK Kecamatan Haruai bersama Asesor PAUD, Bapak H. Shopia elhadi dalam kegiatan ini sudah selaras dengan program skala prioritas pembangunan di bidang Pendidikan yang menjadi unggulan Bapak H. Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

pada sesi akhir, dibentuk kelompok Kerja Pengajuan Dokumen Akreditasi terdiri dari 2 kelompok dengan anggota 23 Lembaga PAUD TK.  2 ( dua ) keompok akan menindaklanjuti hasil kegiatan secara intensif dengan penyusunan berkas akreditasi.

No comments:
Write komentar

Slider 2