Latest Post
Loading...

Dec 18, 2017

Seminar Implementasi Pendidikan Karakter - BPPD Kalsel, 2017

 



Pendidikan Karakter adalah belajar mengenai kebiasaan dalam berfikir dan berperilaku untuk membentuk setiap individu untuk saling berkerjasama dalam kehidupan bermasyarakat. Pendidikan karakter mengajarkan siswa berfikir cerdas, dan merupakan Pendidikan Budi Pekerti yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling) dan tindakan (action) tanpa aspek ini Pendidikan Karakter tidak akan berjalan efektif. Pendidikan Karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan akan menjadikan seorang siswa menjadi seseorang yang cerdas emosinya.
Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) merupakan program Pendidikan untuk membina siswa agar memiliki pengertian, kesadaran, sikap, perilaku yang rasional serta bertanggung jawab terhadap alam dan terlaksanakannya pembangunan yang berkelanjutan melalui program sekolah yang biasah disebut dengan program Adiwiyata.

Bertempat di Ballroom Aria Barito Hotel Banjarmasin, diselenggarakan Seminar Implementasi Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Lingkungan Hidup, Sosial dan Budaya oleh Badan Pertimbangan Pendidikan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa ( 19/12/2017 ). Peserta berjumlah 100 orang yang terdiri dari Utusan Perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Unsur Kepala SD/SMP/Guru dan Perwakilan Komiter sekolah atau Orang tua peserta didik se Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, dalam hal ini diwakili Sekretaris, Idrus, M.Pd. menyambut gembira dan menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Penyelenggara yang telah berinisiatif menyelenggarakan seminar ini. Idrus juga menyampaikan bahwa Program Pendidikan Karakter ini dianggarkan pada Pembiayaan Perubahan APBD Prov. Kalsel pada BPPD Kalsel Tahun 2017.
Adapun Narasumber Seminar ini yaitu :
      1.      Drs. H. Syahruddin, M.Pd., Kepala SMKPPN Kab. Balangan ( Sekolah Adiwiyata Nasional ) dengan thema Pendidikan Karakter Pendekatan Berwawasan Lingkungan Hidup. 
      2.     DR. H. Sarbaini, M.Pd., Dosen ULM, dengan thema : Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Sosial, dan 
      3.     DR. ( Can ) Taufik Arbain, Dosen ULM, dengan Thema : Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Budaya.
Pelaksanaan Seminar di mulai pada Jam 09.00 sampai dengan Pukul 17.00 dibagi atas 4 ( empat ) sesi.


No comments:
Write komentar

Slider 2