Latest Post
Loading...

Nov 5, 2017

Satu Tekad Membangun Karakter Sejak Anak Usia Dini

 


Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter sebagai landasan dalam membentuk karakter anak sejak usia dini melalui stimulasi yang tepat perlu terus didukung oleh berbagai pihak. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pembinaan PAUD, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ella Yulaelwati, M.A.,Ph.D saat menghadiri Puncak Acara Gebyar PAUD Tingkat Provinsi Riau di Hotel Mutiara Merdeka, Pekanbaru, Riau(2/11).

Beliau menyampaikan bahwa isi dari Perpres tersebut diantaranya: 1)Membangun dan membekali peserta didik termasuk peserta didik PAUD sebegai generasi emas Indonesia tahun 2045 dengan jiwa Pancasila dan pendidikan karakter yang baik guna menghadai dinamuka perubahan di masa depan, 2)Mengembangkan platform pendidikan nasional yang meletakkan pendidikan karakter sebagai jiwa utama dalam penyelenggaraan pendidikan bagi peserta didik dengan dukungan pelibatan publik yang dilakukan melalui pendidikan jalur formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan keberagaman budaya Indonesia, dan 3)Merevitalisasi dan memperkuat potensi dan kompetensi pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, masyarakat, dan lingkungan keluarga dalam mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter. "Untuk itu dalam forum yang berbahagia ini, kita satukan tekad untuk terus membangun karakter anak sejak usia dini", ujar Ella.
Penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang ikut PAUD akan lebih bertahan belajar di jenjang-jenjang berikutnya daripada yang tidak ikut PAUD. Dengan demikian, mengikutsertakan anak di PAUD berkualitas merupakan awal kesuksesan masa depan anak. PAUD berkualitas akan menempatkan “bermain” sebagai wahana penting bagi anak usia dini untuk mengembangkan kemampuan bahasa, kecakapan sosial – emosional dan kemampuan kognitif anak. Karena usia 0-5 tahun adalah usia perkembangan emas, saat fisik dan otak anak berada di masa pertumbuhan terbaiknya, dimana kemampuan otak menyerap informasi sangat tinggi. Di masa ini, stimulasi pendidikan yang positif sangat penting bagi perkembangan anak.
Puncak Acara gebyar PAUD yang dihadiri oleh Gubernur Riau, Bupati dan Walikota se Provinsi Riau, BUnda PAUD Provinsi dan Kebupaten, serta pemangku kebijakan dan pemerhati PAUD lainnya tersebut mendapatkan apresiasi dari Direktur Pembinaan PAUD. "Saya menyambut baik acara Gebyar PAUD Tingkat Provinsi Riau Tahun 2017 ini, melalui acara ini diharapkan kita semua dapat berperan dalam melayani anak usia dini, Bunda PAUD provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa dapat lebih aktif berperan dalam meningkatan kualitas PAUD. Kepada para praktisi dan pemerhati PAUD mari kita bersama-sama membangun pendidikan anak usia dini yang berkualitas  sehingga layanan PAUD dapat diterima oleh semua lapisan  masyarakat", ucap Ella. 
"Acara ini dimaksudkan untuk meningkatkan perhatian kita semua dalam pengasuhan dan pendidikan anak usia dini. Anak-anak ini suatu saat akan tumbuh menjadi seseorang yang dapat memenuhi cita-citanya, harapan orang tua dan akan menjadi bagian dari penerus generasi bangsa Indonesia yang berkarakter baik. Oleh karena itu kita semua yang hadir untuk bersungguh-sungguh dalam memberikan pelayanan, pengasuhan, pendidikan dan perlindungan bagi anak usia dini", tambah Ella.

No comments:
Write komentar

Slider 2