Latest Post
Loading...

Oct 23, 2017

KKG PAUD Haruai Upau selenggarakan Bimtek Akreditasi PAUD

 

Dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dijelaskan bahwa : Akreditasi adalah kegiatan PENILAIAN PROGRAM DALAM SATUAN pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan. Akreditasi terhadap program dan satuan pendidikan dilakukan oleh Pemerintah dan/atau lembaga mandiri yang berwenang sebagai bentuk AKUNTABILITAS PUBLIK, Akreditasi dilakukan atas dasar KRITERIA yang BERSIFAT TERBUKA.

Demikian arahan dan motivasi dari Bapak H. Shopia elhadi, S.Ag., M.M.Pd. selaku kapasitasnya sebagai Asesor PAUD BAN PAUD PNF pada pertemuan K3S dan KKG PAUD se Kecamatan Haruai dan Upau yang bertempat di PAUD TK Tunas Harapan Desa Hayup Komplek Perkebunan Sawit  PT. Astra. ( Senin, 16/10/2017 )
Dalam arahannya, Bapak Shopia Elhadi juga menyampaikan beberapa pesan penting dari Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani, bahwa Pendidikan anak di usia dini merupakan hal yang sangat krusial bagi tumbuh kembangnya anak-anak Indonesia.  Kunci pembangunan kecerdasan dan karakter itu berada pada usia emas 1 tahun sampai 12 tahun. Ibu-ibu dan bapak-bapak semuanya berada pada posisi yang sangat penting menentukan masa depan karena di sinilah anak-anak kita dididik,diingatkan juga bahwa dalam mendidik anak-anak kita, tak cukup hanya fokus pada kecerdasan semata. Kecerdasan itu memang diperlukan, tapi tentunya harus diimbangi dengan budi pekerti dan nilai-nilai karakter yang baik. Kemudian, dalam hubungannya dengan peningkatan mutu Satuan Pendidikan, maka diperlukan suatu penilaian mutu berupa akreditasi, agar Lembaga dapat menjamin suatu kualitas penyelenggaraan dan hasil pendidikan.

Selanjutnya dijelaskan Bapak Shopia elhadi, bahwa  tujuan diselenggarakannya pertemuan ini agar peserta Kepala TK lebih memahami pentingnya akreditasi sebagai jembatan dan sarana untuk meningkatkan mutu lembaga. Diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini Lembaga lebih dapat mempersiapkan diri untuk mengajukan akreditasi kepada BAP Provonsi Kalimantan Selatan. Dalam pertemuan tersebut Narasumber Bapak H. Shopia elhadi, S.Ag., M.M.Pd. selaku asesor BAN PAUD PNF Kalimantan selatan yang menyampaikan secara terperinci tentang kelengkapan administrasi yang harus disiapkan oleh Lembaga. 

Dijelaskan Narasumber bahwa Akreditasi adalah kegiatan PENILAIAN PROGRAM DALAM SATUANpendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dengan tujuan agar terjaminnya mutu lembaga pendidikan. Mendorong Satuan PNF agar selalu berupaya meningkatkan mutu program PAUD dan PNFsecara berkelanjutan, terencana, dan kompetitif di tingkatkabupaten/kota, provinsi, regional, nasional, bahkan internasional, Memanfaatkan semua informasi hasil akreditasi yang handal dan akurat sebagai umpan balik dalam upaya meningkatkan kinerja satuan PAUD dan PNF.

Pasa sesi selanjutnya diadakah pengisian ceklis keberadaan dan kelengkapan administrasi dan bahan untuk pengajuan akreditasi. Ceklis ini sangat berguna untuk mengetahui lengkap – tidaknya data dan bahan administrasi masing-masing lembaga PAUD. Pada sesi ini dibimbing langsung oleh Bapak H. Shopia elhadi.


Semoga kegiatan singkat ini memberikan informasi, motivasi dan pencerahan bagi setiap Kepala TK/RA dan Lembaga PAUD tentang akreditasi. Acara berakhir pada jam 14.00 ditutup dengan do’a.

No comments:
Write komentar

Slider 2