Latest Post
Loading...

Sep 10, 2017

Bupati Tabalong serahkan SK untuk 141 orang Guru Honor di Kecamatan Kelua dan Banua Lawas

 


Guru Profesional adalah guru yang memiliki komponen tertentu sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh profesi keguruan. Guru profesional senantiasa menguasai bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkan dalam interaksi belajar mengajar, serta senantiasa mengembangkan kemampuan secara berkelanjutan, baik dalam segi ilmu yang dimilikinya maupun pengalamannya. Sedangkan Profesionalisme guru adalah kemampuan guru untuk melakukan tugas pokoknya sebagai pendidik dan pengajar meliputi kemampuan merencanakan, melakukan, dan melaksanakan evaluasi pembelajaran.
Guru yang profesional menjadi harapan kita semua, karena dengan adanya peningkatan kemampuan guru sehingga menjadi guru yang profesional diharapkan kualitas pendidikan di Indonesia mengalami peningkatan. Peserta didik perlu dididik dan dibina oleh guru-guru yang profesional sehingga kualitas/mutu yang dihasilkan akan lebih maksimal. Guru profesional hendaknya memiliki empat kompetensi guru yang telah ditetapkan dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen yaitu, kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial. Oleh karena itu, selain terampil mengajar, seorang guru juga memiliki pengetahuan yang luas, bijak, dan dapat bersosialisasi dengan baik. 
Dalam rangka memenuhi harapan bagi sebagian Guru Honor yang memenuhi persyaratan, maka pada Hari Sabtu, 9 September 2017 bertempat di Halaman SDN 1 Tantaringin Kecamatan Muara Harus, diserahkan SK. Untuk 141 orang guru Honor Sekolah Dasar yang ada wilayah UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan Kelua, Muara Harus, Banua Lawas dan Pugaan. SK Guru honor ini diterbitkan dalam rangka memudahkan bagi guru honor yang belum memiliki NUPTK.
Dalam laporannya, H. Hasbi, M.Pd., Kepala UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan Kelua Muara Harus, menyebutkan bahwa terdapat lebih dari 400 orang guru honor yang tersebar di PAUD dan SD di Kecamatan Kelua, Muara Harus, Banua Lawas dan Pugaan tetapi dalam usulan untuk Tahap I  ini sebanyak 141 orang guru yang sudah memenuhi kriteria mengajar lebih dari 4 tahun dan berlatar pendidikan Sarjana S1.

Selanjutnya Kepala UPT mewakili seluruh Guru Honor yang mendapatkan SK Bupati Tabalong tersebut mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak H. Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong yang berkenan menerbitkan SK Guru Honor tersebut.
Dalam sambutannya, Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani, mengatakan bahwa peringkat Angka Lama Sekolah di Kabupaten Tabalong pada tahun-tahun sebelumnya berada di peringkat 12 atau 13 di seluruh Kabupaten/kota di Kalimantan Selatan, sekarang Angka lama sekolah tersebut sudah naik menjadi peringkat ke-3 di Provinsi Kalimantan selatan. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras para guru-guru di Kabupaten Tabalong khususnya di Kecamatan Kelua, Muara Harus, Banua Lawas dan Pugaan, dan Dinas Pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Tabalong. Bupati Tabalong mengharapkan agar mutu pendidikan dan pembelajaran di sekolah selalu dapat ditingkatkan.
Acara penyerahan SK Guru Honor TK dan SD juga dirangkai dengan Halal Bihalal yang diisi dengan Tausiyah oleh Ustadz  H. Najibul Khairani dari Tanjung dan Penyerahan tali asih/Pelepasan Anggota PGRI yang Purna tugas sebanyak 17 orang oleh Bupati Tabalong. Acara juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Bapak Drs. H. Akhmad Rizali Noor, M.Si., dan Bapak Asisten 3 Bidang Administrasi Drs. H. Marzuki Hakim, M.Si beberapa Kepala Bidang, dan  Kasi Dinas Pendidikan beserta undangan. acara diakhiri dengan do’a.

No comments:
Write komentar

Slider 2