Latest Post
Loading...

Mar 14, 2017

K3TK - UPT IP Kalua laksanakan sosialisasi Akreditasi PAUD Bersama Bapak Shopia Elhadi

 


Dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dijelaskan bahwa : Akreditasi adalah kegiatan PENILAIAN PROGRAM DALAM SATUAN pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan. Akreditasi terhadap program dan satuan pendidikan dilakukan oleh Pemerintah dan/atau lembaga mandiri yang berwenang sebagai bentuk AKUNTABILITAS PUBLIK, Akreditasi dilakukan atas dasar KRITERIA yang BERSIFAT TERBUKA.

Demikian hal tersebut yang disampaikan oleh Kepala UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan Kalua & Muara Harus, Bapak H. Hasbi, M.Pd. ketika memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Akreditasi PAUD PNF pada hari Senin ( 13/3/2017 ) yang bertempat di TK Negeri Pembina Kalua Kabupaten Tabalong.

Dalam Laporannya, Hj. Masmawati, S.Pd. , sebagai Kepala TK Negeri Pembina Kalua dan selaku Pengundang yang juga Ketua Kelompok Kerja Kepala TK ( K3TK ) & KKG Kecamatan Kalua, menyampaikan bahwa Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala TK/RA dan perwakilan 1 orang guru se Kecamatan Kalua dan Kecamatan Muara Harus yang berjumlah 72 orang. 

Adapun tujuan diselenggarakannya pertemuan ini agar peserta Kepala TK lebih memahami pentingnya akreditasi sebagai jembatan dan sarana untuk meningkatkan mutu lembaga. Diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini Lembaga lebih dapat mempersiapkan diri untuk mengajukan akreditasi kepada BAP Provonsi Kalimantan Selatan.

Dalam pertemuan sosialisasi tersebut diundang sebagai Narasumber Bapak H. Shopia elhadi, S.Ag., M.M.Pd. selaku asesor BAN PAUD PNF Kalimantan selatan yang menyampaikan secara terperinci tentang kelengkapan administrasi yang harus disiapkan oleh Lembaga. 

Dijelaskan Narasumber bahwa Akreditasi adalah kegiatan PENILAIAN PROGRAM DALAM SATUAN pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dengan tujuan agar terjaminnya mutu lembaga pendidikan. Mendorong Satuan PNF agar selalu berupaya meningkatkan mutu program PAUD dan PNFsecara berkelanjutan, terencana, dan kompetitif di tingkatkabupaten/kota, provinsi, regional, nasional, bahkaninternasional, Memanfaatkan semua informasi hasil akreditasi yang handal dan akurat sebagai umpan balik dalam upaya meningkatkan kinerja satuan PAUD dan PNF.

Pasa sesi selanjutnya diadakah pengisian ceklis keberadaan dan kelengkapan administrasi dan bahan untuk pengajuan akreditasi. Ceklis ini sangat berguna untuk mengetahui lengkap – tidaknya data dan bahan administrasi masing-masing lembaga PAUD. Pada sesi ini dibimbing langsung oleh Bapak H. Shopia elhadi.

Semoga kegiatan singkat ini memberikan informasi, motivasi dan pencerahan bagi setiap Kepala TK/RA dan Lembaga PAUD tentang akreditasi. Acara berakhir pada jam 12.00 ditutup dengan do’a. ( dan yang membaca do’a juga Bapak H. Sshopia elhadi, Asesor BAN PAUD PNF )…..

Aamiin & Sukses Pa H. Shopia…, sukses juga PAUD Kalua – Muara Harus.
Yang lain, kapan menyusuulll...????


No comments:
Write komentar

Slider 2