Latest Post
Loading...

Mar 30, 2017

Khuthbah Jum'at, 31 Maret 2017

 

KHUTHBAH JUM’AT  : MEMAKMURKAN MASJID
الحمد لله أمر المسلمين بعمارة المساجد ، لتكون منارا للشّريعة  ونشرا للمصالح ومنطلقا للفوائد، فتذكّر فيها من تذكّر ويأباها كلّ جبّار عنيد  والصّلاة والسّلام على خير المرسلين، الّذي جاء بالهدى المبين والحبل المتين  وعلى آله وأصحابه المجاهدين الطّيّبين الطّاهرين. اللهم صلّ على محمّد وعلى آل محمّد كما صلّيت على ابراهيم وبارك على محمّد وعلى آل محمّد كما باركت على ابراهيم في العالمين إنّك حميد مجيد
قال الله تعالى : يآ أيّها الّذين آمنوا اتّقوا الله حقّ تقاته ولا تموتنّ إلاّ وأنتم مسلمون  ( آل عمران 102 ) أمّا بعد :
Sidang shalat Jum’at  rahimakumullah
          Dalam kesempatan khotbah jum’at ini saya sebagai khatib berwasiat kepada diri saya pribadi dan kepada seluruh jamaah shalat Jum’at, marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. karena takwa pulalah sebagai sebaik-baik bekal yang kita miliki :
وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى ( البقرة : 197)
Dengan ketakwaan pula, Allah SWT akan membukakan pintu-pintu kemudahan dan rezeki yang lapang kepada kita
وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا  وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ( الطّلاق : 3-2)
Dengan ketakwaan pula, Allah memberikan garansi kebahagiaan kepada kita :
فَاتَّقُوا اللَّهَ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ ( المائدة : 100)
Semoga shalawat  dan salam tercurahkan kepada Rasulullah SAW, seorang mujahid sejati yang namanya senantiasa akan diingat dalam setiap sanubari muslim   taat dan suci. 
Sidang shalat Jum’at  rahimakumullah
Sabda Rasulullah SAW,
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللَّهُ فِى ظِلِّهِ يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَشَابٌّ نَشَأَ بِعِبَادَةِ اللَّهِ وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِى الْمَسَاجِدِ وَرَجُلاَنِ تَحَابَّا فِى اللَّهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ إِنِّى أَخَافُ اللَّهَ. وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لاَ تَعْلَمَ يَمِينُهُ مَا تُنْفِقُ شِمَالُهُ وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللَّهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ » (رواه مسلم )
Artinya: Dari Abu Hurairah bahwasanya Nabi Bersabda :  Ada 7 golongan yang akan mendapatkan naungan  Allah pada hari tidak ada lagi kecuali naungan-Nya:……..  ( Diantara orang yang akan mendapatkan naungan adalah : Seorang laki-laki yang hatinya terpaut dengan masjid )…………… ( HR Muslim )
Dalam hadits tersebut sangat jelas sekali, bahwasanya orang yang hatinya terpaut dengan masjid akan mendapatkan naungan kelak, ketertautan hati dengan masjid akan menjadikan seseorang senantiasa berusaha memakmurkan masjid.
Ketakwaan seorang muslim  diukur bagaimana kedekatan dan ketekunan ibadahnya kepada Allah SWT. Oleh karena itu, masjid dalam  Islam memiliki kedudukan yang tidak kalah penting dalam perannya yang vital dalam mendidik dan membentuk karakter muslim. Pada zaman Rasulullah SAW, mesjid menjadi sentra kegiatan-kegiatan keislaman, saat  itu masjid merupakan tempat strategis umat. Rasulullah menjadikan masjid sebagai tempat untuk beribadah  kepada Allah SWT  baik ibadah-ibadah yang wajib maupun yang sunnah, masjid juga digunakan untuk kegiatan Rasulullah mengajar ilmu agama kepada sahabatnya dan lain sebagainya. Masjid menjadi tempat yang paling dirindukan umat untuk datang kesana.
          Mengapa  kita harus memakmurkan masjid ? Kita pasti sedih saat ini  kadang melihat begitu banyak masjid berdiri dan ternyata tidak memberikan  pengaruh dan warna kepada kehidupan masyarakat. Idealnya sebuah masjid harus bisa menjadi  teladan dalam kebaikan bagi masyarakat dan menjadi pioner dalam perubahan menuju yang lebih baik.
Marilah kita bersama-sama dengan ikhlas dan tulus untuk bersama-sama menghidupkan masjid ini sebaik-baiknya dalam rangka  untuk meninggikan kalimat Allah. Sehingga  ALLAHU GHAYATUNA : Allah Tujuan kita, RASULUNA QUDWATUNA : Rasul Teladan Kita , WAL QUR’ANU DUSTURUNA : Al Qur’an  Pedoman Kita,  WAL JIHADU SABILU AMANINA :Jihad Sebagai Cita-Cita Mulia kita akan terwujud di masjid-masjid kita.  
Semoga Allah menjadikan kita semua umat yang senantiasa mencintai masjid dan menjadikannya sebagai tempat untuk memurnikan tauhid kepada Allah.
لَمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَى مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَنْ تَقُومَ فِيهِ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَنْ يَتَطَهَّرُوا وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ ( التّوبة : 108 )
بارك الله لي ولكم في القرآن العظيم ونفعني وايّاكم بما فيه من الآيات والذّكر الحكيم وقل ربّ اغفر وارحم وأنت خير الرّاحمين


No comments:
Write komentar

Slider 2