Latest Post
Loading...

Feb 2, 2017

Akhlak : Bekal Anak-anak Kita

 

Salam Guru Indonesia.
Pagi ini, Jum’at 3 Februari 2017, tulisan Kami kali ini mengangkat thema dari intisari Khuthbah Jum’at. Semoga bisa menjadi cerminan bagi kita untuk selalu berakhlak yang mulia, apalagi kita yang mengemban amanah sebagai guru yang mempunyai kewajiban untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak didik kita. Semoga anak-anak kita di masa depan mereka, menjadikan akhlak sebagai pedoman kehidupan mereka.

Menurut Wikepedia Bahasa Indonesia akhlak secara terminologi berarti tingkah laku seseorang yang didorong oleh suatu keinginan secara sadar untuk melakukan suatu perbuatan yang baik
Akhlak merupakan bentuk jama’ dari kata khuluq (bahasa arab) yang memiliki arti budi pekerti, perangai, tingkah laku dan tabiat. Beberapa pakar mengatakan bahwa akhlak adalah perangai yang melekat pada diri seseorang yang dapat memunculkan perbuatan baik tanpa mempertimbangkan pikiran terlebih dahulu (prilaku spontan tanpa butuh pemikiran dan tidak direkayasa). 

Sedini mungkin, akhlak harus ditanamkan dan ditata pada generasi penerus, karena tantangannya dimasa depan tidak hanya datang dari dalam diri, namun juga dari berbagai arah, termasuk keluarga, sahabat, bahkan kemajuan dalam bidang teknologi.

Nabi Shallallahu ‘Alayhi wa Sallam sendiri diutus untuk menyempurnakan akhlak, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits,
"Sesungguhnya aku diutuskan untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak"
Didalam diri Nabi pun sudah tertanam akhlak yang luhur. Allah SWT menyebutkan didalam al-Qur’an,
     وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ۬        
“Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung” (QS. Al Qalam 68 : 4)

Suatu ketika Sayyidah ‘Aisyah radliyallahu ‘anha pernah ditanya mengenai akhlak Nabi, Aisyah menjawab :

“Akhlak Nabi adalah al-Qur’an”

Akhlak dalam Islam memiliki cakupan yang sangat luas, mulai dari akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama umat manusia, dan akhlak kepada lingkungan sekitar termasuk hewan.

Akhlak juga bagian dari inti keimanan seorang muslim. Seseorang yang benar-benar terkategori mukmin (beriman) maka dalam tingkah laku dalam kehidupannya sehari-hari akan tercermin akhlak yang baik, tidak malah sebaliknya. Nabi SAW bersabda :

“Sesungguhnya sebagian daripada iman adalah bagusnya akhlak, dan yang paling utama diantara kalian imannya adalah yang paling bagus akhlaknya” (HR. Imam Ath-Thabrani)

Prilaku yang baik dalam kehidupan, tentunya akan mengantarkan seseorang kepada keberuntungan baik didunia maupun akhirat.  Sebab tolak ukur akhlak seorang muslim adalah al-Qur’an dan As-Sunnah. 
Sahabat Guru…semoga pagi Jum’at yang berkah ini menjadi awal langkah kebaikan akhlak kita dan anak-anak kita, aamiin.




No comments:
Write komentar

Slider 2