Latest Post
Loading...

Dec 1, 2016

Seminar Pendidikan, HGN & HUT PGRI – KKG Rayon 2 Mangkupum

 

Rabu, 30 November 2016, bertempat di SDN 2 Mangkupum  telah diselenggarakan Seminar Pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI ) yang ke-71 Tahun 2016.

Dalam laporannya, Giyarto, S.Pd. SD, selaku Ketua Penyelenggara yang juga Ketua KKG Rayon 2 Mangkupum, Penyelenggara Seminar menyampaikan bahwa seminar dilaksanakan selama 1 ( satu ) hari dari jam 07.30 sampai 16.00, sedangkan peserta berjumlah 80 orang yang terdiri dari guru-guru anggota KKG Rayon 2 Mangkupum sebanyak 60 orang, dan guru-guru perwakilan  dari seluruh KKG yang ada di wilayah UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan Muara Uya & Kecamatan Jaro.

Untuk Narasumber seminar, imbuhnya diisi oleh Guru yang mempunyai kompetensi dan pengalaman terhadap materi yang akan diseminarkan. Narasumber tersebut yaitu : Bapak Didit Triyono, S.Pd. SD dengan materi Pengembangan Profesi guru dalam rangka Pengumpulan dan penghitungan Angka Kredit Guru, sedangkan narasumber kedua yaitu Bapak Lucas Djatmiko, S.Pd. SD dengan materi tentang Penganalisaan Hasil belajar Peserta Didik dalam rangka objektivitas prestasi belajar peserta didik.

Kegiatan Seminar Pendidikan ini dibuka secara resmi oleh Kepala UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan Muara Uya & Jaro, Bapak H. Shopia elhadi, S.Ag., M.M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tim Penyelenggara yang telah berinisiatif mengadakan kegiatan yang berbeda dari setiap pertemuan KKG Rayon yang selama ini dilaksanakan dan diharapkan KKG lainya dapat meniru bentuk peningkatan mutu seperti ini.

Menurut Kepala UPT, bahwa banyak sekali media untuk meningkatkan mutu pendidikan guru seperti Workshop, Lokakarya, up grading, Bimbingan Teknis, Guru Pembelajaran Dalam Jaringan termasuk juga Seminar. Bahkan imbuhnya, dalam kurun waktu terakhir ini, peningkatan mutu guru sudah berpindah dari system manual ke system digital, bahkan seminar pendidikan dilaksanakan secara online, serta banyak lagi kegiatan peningkatan mutu guru dilaksanakan secara digital.

Selanjutnya Kepala UPT menyampaikan bahwa kegiatan seminar yang masih dalam skala kecil dan sederhana ini bisa lebih ditingkatkan menjadi skala yang cukup dengan mengikutsertakan peserta dengan jumlah yang lebih banyak dan cakupan wilayah yang lebih luas.

H. Shopia juga menghimbau, agar peserta dapat mengikuti kegiatan sampai selesai dan dapat mengambil informasi penting di dalamnya sebagai bahan untuk meningkatkan mutu dan kompetensi masing-masing guru. sebagai tambahan Informasi Kepala UPTIP, bahwa Pemeintah dalam hal ini Kemdikbud, telah memberikan Penghargaan yang besar berupa DWIJA PRAJA NUGRAHA terhadap PGRI Kabupaten Tabalong yang diterima langsung oleh Bupati Tabalong di Depok.

Akhirnya dengan mengucapkan Bismillah, seminar dibuka secara resmi dan diakhiri dengan pembacaan do’a oleh Bapak H. Mukeran selaku Pengawas Pembina Pendidikan Dasar UPT IP Kecamatan Muara Uya.

Sumber : http://uptipmuarauya.blogspot.co.id/2016/12/seminar-pendidikan-hgn-hur-pgri-kkg.html

No comments:
Write komentar

Slider 2