Latest Post
Loading...

Aug 17, 2016

Olimpiade PPKn Nasional 2016 : Universitas Negeri Malang (UM)

 

Olimpiade PPKn Nasional atau disingkat OPN merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan “Merah Putih” Universitas Negeri Malang (UM). Olimpiade ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan menganalisa masalah dan berpikir kritis siswa, khususnya terkait dengan isu-isu mengenai masalah pembangunan daerah, sekaligus untuk memperkenalkan jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.
Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan merupakan jurusan yang bertujuan untuk membentuk mahasiswa dan mahasiswinya agar menjadi pendidik yang tahu hak dan kewajibannya sebagai pendidik, serta menjadi warga negara Indonesia yang bermoral Pancasila. Adapun salah satu kewajiban warga negara adalah adanya sumbangsih baik dalam hal pemikiran maupun tenaga dalam rangka pembangunan nasional. Tentunya pembangunan nasional akan berjalan dengan baik apabila didukung dengan pembangunan yang dilakukan di daerah masing-masing yang ada di Indonesia. Dalam hal ini, untuk mewujudkan pembangunan yang merata, pemerintah telah mencanangkan suatu sistem yang merupakan bagian dari demokrasi yaitu otonomi daerah. Otonomi daerah sendiri merupakan pemberian kewenangan kepada pemerintah daerah untuk mengelola dan mengatur pemerintahannya sendiri seluas-luasnya dengan peran serta masyarakat sebagai bentuk dari demokrasi.
Selain itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan “Merah Putih” Universitas Negeri Malang mempunyai tujuan untuk turut serta dalam pembinaan warga negara terutama para pemuda yang dimiliki oleh masing-masing daerah. Oleh sebab itu, kami pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan merasa tergerak untuk melaksanakan kegiatan yang menunjang pembangunan di daerah yaitu dengan Olimpiade PPKn Nasional Tingkat SMA Sederajat Tahun 2016. Olimpiade PPKn tahun ini ditekankan pada adanya peranan pemuda-pemudi yaitu tingkat SMA/MA/SMK Sederajat yang berupa pemikiran-pemikiran untuk pembangunan daerahnya masing-masing khususnya pembangunan desa. Adapun pemikiran tersebut digunakan sebagai masukan kepada pemerintah daerah atau desa untuk mengambil suatu kebijakan yang pengaplikasiannya dapat dilaksanakan menggunakan otonomi daerah maupun otonomi desa. Oleh karena itu olimpiade PPKn tahun ini mengambil tema Integrasi Pemuda dan Desa dalam Mendukung Reformasi Pembangunan Berbasis Desa”.
Pada tahun ini kami menyelenggarakan pula lokakarya guru PPKn yang masih merupakan serangkaian dari OPN 2016 . Lokakarya tersebut mengambil tema “Proyek Kewarganegaraan Pada Implementasi Kurikulum 2013 Penyempurnaan Tingkat SMA/SMK/MA Sederajat”.

Berikut ini adalah tanggal-tanggal penting dalam penyelenggaran OPN 2016 dan Lokakarya:
10 Juni 2016 – 30 September 2016: Pendaftaran (OPN dan Lokakarya), Pengiriman Portofolio, dan Pembayaran (Transfer).
20 Oktober 2016: Pengumuman Peserta Lolos ke Tahap Semi Final
29 Oktober 2016: Tehnical Meeting, Tahap Semi Final, Lokakarya
30 Oktober 2016: Tahap Final
Bagi Bapak/Ibu Guru PPKn se-Indonesia yang berkenan mengikuti Lokakarya dapat mengkonfirmasi ke panitia atas nama ikrimatunisa (085785108796) atau Arifin (085707973971) dan melakukan transfer biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,- ke BRI No. Rekening : 1229-01-003920-53-5 a.n Fransisca Ana Wijayanti dan melakukan konfirmasi ke nomor panitia tersebut. Khusus untuk Bapak/Ibu guru yang menjadi pendamping siswanya dalam mengikuti OPN 2016 mendapatkan tiket gratis untuk mengikuti lokakarya tersebut.
http://merahputih.fis.um.ac.id/?p=335

No comments:
Write komentar

Slider 2