Latest Post
Loading...

Jun 13, 2016

Bupati Tabalong Buka Pelatihan School Digital Class ( SDC )

 


Bersamaan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional Kab. Tabalong Mei 2016 kemaren, telah dilaunchingkan Komunitas Guru Pengembang Media Pembelajaran Berbasis TIK oleh Bupati Tabalong Bapak H. Anang Syakhfiani di Halaman Pendopo Bersinar Tanjung.
Komunitas Guru Pengembang Media Pembelajaran Berbasis TIK ( selanjutnya disebut Komunitas Guru ) adalah Perkumpulan GURU-GURU SD, SMP, SMA/SMK di Kabupaten Tabalong yang memiliki keinginan/motivasi dan tekad yang kuat untuk meningkatkan potensi/kompetensi profesional dalam mengembangkan kompetensi bidang media pembelajaran berbasis Teknologi informasi di sekolah.
Komunitas Guru ini memiliki struktur organisasi mulai dari tingkat Kabupaten sampai dengan tingkat Rayon dan Kecamatan terdiri dari unsur Guru SD, SMP, SMA dan SMK yang masing-masing berada dibawah Pembinaan/koordinasi Kantor UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan.
Visi Kabupaten Tabalong, dengan program skala prioritas untuk mewujudkan pendidikan yang murah dan berkualitas, melalui Dinas Pendidikan bertekad ingin mewujudkan : school digital class dengan menjadikan beberapa sekolah unggulan sebagai percontohan jejaring media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan  7 UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan di Kabupaten Tabalong sebagai Central Jaringan Pendidikan di setiap kecamatan.
Demikian laporan disampaikan oleh Ketua Umum Komunitas Guru Pengembang Media Pembelajaran Berbasis TIK Kabupaten Tabalong, H. Shopia elhadi, S.Ag.,M.M.Pd, ketika mengawali Laporan pada acara pembukaan Kegiatan pelatihan SDC, dan selanjutnya dikatakannya bahwa untuk Menindaklanjuti Komunikasi dengan SEAMOLEC Jakarta, maka Pokja Komunitas ini menyelenggarakan Satu Kegiatan Pelatihan School Digital Class bagi Guru di Kab. Tabalong. Maksud/tujuan kegiatan :
1.      agar peserta/guru memiliki pengetahuan tentang media pembelajaran berbasis Digital class.
2.      Agar peserta/guru  memiliki keahlian utk mengembangkan sistem kelas maya berbasis edmodoo Seamolec dalam pembelajaran clas virtual.
3.      Secara umum dari kegiatan ini yaitu menjadi beberapa sekolah rujukan dan rintisan setiap wilayah kecamatan dalam pembelajaran kelas virtual program edmodoo seamolec.
4.      Narasumber Kegiatan yaitu Tim Seamolec Jakarta, di pimpin oleh Bu Dewi dan rekan.
5.      Peserta, berasal dari guru-guru SD, SMP, SMA, SMK se kabupaten Tabalong berjumlah daftar 107 orang.
6.      Pelaksanaan kegiatan selama 3 hari ( 32 jam pelajaran ), untuk hari pertama dilaksanakan di Gedung Informasi dan hari ke-2, 3, dilaksanakan di kelas SMKN 1 Murung Pudak.
7.      Pembiayaan kegiatan dilakukan secara swadaya dari peserta.
Acara pembukaan Pelatihan SDC ini dibuka secara resmi oleh Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani, bertempat di Gedung Pusat Informasi Tanjung ( Senin, 13 Juni 2016 ).  Pada acara pembukaan ini selain dihadiri oleh Bupati, juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala BAPPEDA, Ketua PGRI Kab. Tabalong, para Kepala Bidang Dinas Pendidikan, Kepala UPT Inspeksi Pendidikan, Dinas Perhubungan dan perwakilan PT. Telkom Cabang Tanjung.
Sebelum membuka pelatihan, Bupati Tabalong menyempatkan berkomunikasi langsung melalui video cenference dengan Sekjen SEAMEO, DR. Gatot di Bangkok Thailang, kemudian dengan Direktur SEAMOLEC, DR. Abi Sujak dan beberapa Komunitas Guru di Bandung, Semarang dan sulawesi.Dalam sambutannya, Bupati Tabalong menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan terhadap SEAMOLEC Jakarta menyatakan sangat mendukung kegiatan yang dilakukan Komunitas Guru ini karena sangat bermanfaat dan penting bagi para guru. Menurutnya : ”kegiatan ini sangat penting karena akan melahirkan guru yang tidak asing terhadap teknologi  karena menggunakan sistem digital. Iapun memberi tanda kepada para guru yang kurang kreatif dalam mengajar. Karena, sistem digital  hanya berlaku bagi guru yang kreatif terhadap teknologi. Pelatihan ini sebagai alarm untuk meningkatkan  kompetensi , jika tidak mau  mengikutinya maka akan tergusur oleh jaman, imbuhnya.
Pada sesi akhir pembukaan, Bupati Tabalong memberikan cinderamata kepada SEAMOLEC Jakarta yang diterima oleh Bu Dewi Sofiah, sebagai kenang-kenangan untuk mempererat hubungan keduanya, diakhiri dengan photo bersama Bupati Tabalong, Tim Seamolec, Kepala Bappeda, Ketua PGRI Tabalong, Kepala Dinas Pendidikan dan Ketua Umum Komunitas.


No comments:
Write komentar

Slider 2