Latest Post
Loading...

Mar 25, 2016

SALAM PRAMUKA !!! : PERJUSAMI : Interaksi di alam terbuka

 





PERJUSAMI : Interaksi di alam terbuka
SALAM PRAMUKA !!!!
Sudah sifat alami manusia untuk selalu ingin menjadi yang terbaik dan berkompetisi. Tentunya bila dalam sebuah satuan pramuka rutin mengadakan latihan bagi para anggotanya, akan tiba masa dimana para anggota tersebut ingin menguji sampai dimana level skill yang selama ini mereka latihankan. Mengikuti berbagai event perlombaan merupakan salah satu solusi konkret untuk memenuhi hasrat tersebut. Pada masa sekarang ini tidak lagi kwartir yang aktif membuat berbagai kompetisi kepramukaan, tetapi sudah banyak gugus depan yang mulai ramai ramai membuat kegiatan kegiatan serupa. Tingkatan pramuka yang bertanding pun tidak melulu penggalang & penegak saja, tetapi golongan lainnya pun sudah ada.
Sebuah gugus depan dapat dikatakan aktif jika anggota dari gugus depan tersebut selalu mengadakan kegiatan rutin setiap minggunya. Apakah itu latihan rutin, berkemah, maupun rapat rutin organisasi. Tujuan dari diadakannya latihan rutin ialah untuk meningkatkan skill kepramukaan dari seluruh anggota pramuka di gugus depan. Lomba merupakan salah satu tolak ukur perkembangan hasil latihan rutin kita. Dengan mengikuti berbagai kompetisi kepramukaan, selain sebagai tolak ukur, juga dapat menjadi membuka wawasan kepramukaan kita mengenai perkembangan pengetahuan dan info info  kepramukaan di Indonesia. Hal ini dikarenakan interaksi yang terjadi dengan banyak pramuka dari gugus depan lain yang juga turut memeriahkan event event yang bersangkutan, sehingga informasi ada bisa tersebar dalam pertemun pramuka tersebut. 
Hal ini juga yang dilakukan beberapa Gugus Depan yang ada di Kwartir Ranting Kecamatan Muara Uya, yang mengadakan Perkemahan Jum’at, Sabtu dan Minggu ( Perjusami ) tanggal 25 sd 27 Maret 2016, bertempat di Halaman SDN 1 Simpung Layung Kecamatan Muara Uya. Perjusami ini diikuti oleh Anggota Gugus Depan dari DN 1 Pulau Kuu, SDN 1 & 2 Simpung Layung, SDN 2 Pasar Batu, SDN 1 Uwie yang berjumlah  110 dan ditambah Anggota DKR Muara Uya dan Pembina masing-masing Gugus Depan.
Dalam kesempatan Perjusami tersebut, pada Malam harinya, Kepala UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan Muara Uya, H. Shopia elhadi, S.Ag., M.M.Pd.,  selaku anggota Pembina Kwarran Pramuka Kecamatan Muara Uya juga menyempatkan menghadiri kegiatan Perjusami yang sedang melaksanakan beberapa kegiatan lomba yaitu lomba cerdas cermat dan Puisi Pramuka.

Menurut H. Shopia elhadi,  Pramuka memiliki peran penting bagi pembentukan karakter generasi muda. Pramuka adalah solusi untuk berbagai masalah generasi muda. Salah satu yang masalah generasi muda sekarang adalah semakin kurangnya interaksi sesama mereka di dunia nyata, dan semakin kurangnya kegiatan di alam terbuka. Salah satu solusinya dengan mengadakan Perkemahan Pramuka.

No comments:
Write komentar

Slider 2