Latest Post
Loading...

Mar 7, 2016

Edisi : Mengenal “Lembu Suwana” Simbol Kerajaaan Kutai

 


Mengenal “Lembu Suwana” Simbol Kerajaaan Kutai.

Lembuswana adalah hewan dalam mitologi rakyat Kutai yang hidup sejak zaman Kerajaan Kutai. Lembuswana menjadi lambang Kerajaan Kutai hingga Kesultanan Kutai Kartanegara. Hewan ini memiliki semboyan Tapak Leman Ganggayaksa.
Lembuswana merupakan hewan yang disucikan karena merupakan tunggangan Dewa Batara Guru dalam memberikan petuah dan petunjuknya. Lembuswana dicirikan sebagai berkepala singa, bermahkota (melambangkan keperkasaan seorang raja yang dianggap penguasa dan mahkota adalah tanda kekuasaan raja yang dianggap seperti dewa), berbelalai gajah (Leman artinya gajah, melambangkan dewa Ganesha sebagai dewa kecerdasan), bersayap garuda, dan bersisik ikan.
Ketika Kami, Rombongan Kelompok Kerja Kepala SD/MI, dan Guru Olahraga se UPT Inspeksi Pendidikan Kec. Muara Uya & Kec. Jaro beranjangsana persahabatan dan pertandingan olahraga ke K3S – KKG Olahraga Kec. Tenggarong kemaren Sabtu, 5 Maret 2016, disambut dengan hangat dan penuh keakraban. Maka disela-sela acara penerimaan, Kami diberikan cinderamata berupa Lambang Kerajaan Kutai berupa : “Lembu Suwana”.


No comments:
Write komentar

Slider 2