Latest Post
Loading...

Mar 15, 2016

Akreditasi PAUD PNF yang Bersih dan Bermutu dimulai dari Asesor Sejati yang berkompeten

 


 



Akreditasi  sebagai  media penilaian  kelayakan  program dan satuan PNF merupakan salah satu proses penting dalam penjaminan mutu pendidikan. Pelaksanaan akreditasi  PNF dilakukan secara obyektif,  adil dan transparan dengan menggunakan instrumen dan kriteria  yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan sebagai bentuk akuntabilitas publik PNF.
BAN-PNF berharap  kebijakan ini  dapat menjadi informasi dan dimanfaatkan oleh lembaga PNF dan pihak terkait dengan penjaminan dan pembinaan mutu pendidikan nonformal.
Agar pelaksanaan akreditasi terlaksana sesuai dengan standar Nasional Pendidikan maka diperlukan seseorang yang memiliki kompetensi dibidang tersebut yaitu yang disebut dengan Asesor akreditasi karena Asesor akreditasi adalah seseorang yang mempunyai kualifikasi dan kompetensi yang relevan dengan tugas untuk melaksanakan Akreditasi terhadap kelayakan program dan satuan PNF.
Kelayakan seorang Asesor ditentukan oleh kompetensi yang dimilikinya. Untuk itu sangatlah penting setiap Asesor menguasai pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang dipersyaratkan dalam melaksanakan tugasnya sebagai Asesor. Selain itu kehandalan dan keberhasilan Asesor dalam bertugas perlu dibingkai dengan kompetensi kepribadian dan sosialnya. Asesor memiliki peran penting dalam proses akreditasi mulai dari Desk Assessment, Visitasi, Validasi, Surveilen, Narasumber Sosialisasi dan Lokakarya, Narasumber Bimbingan Teknis, Fasilitator Pelatihan Asesor, Review Instrumen dan tugas lainnya.
Salah satu bentuk upaya BAN PAUD PNF, untuk meningkatkan mutu dan kompetensi Asesor tesebut yaitu dengan menyelenggarakan Pelatihan Calon Pelatih ( T.o.T ) Asesor yang akan melaksanakan tugas sebagaimana tersebut di atas. Hal ini dimaksudkan agar Asesor akreditasi dapat melaksanakan tugas dan menjadi perpanjangan tugas BAN PAUD PNF dalam setiap sosialisasi dan lokakarya dan kegiatan-kegiatan yang mendukung akreditasi, apalagi pada Tahun 2016 menjadi awal terbentuknya BAP ( Badan Akreditasi Propinsi ) di setiap propinsi di seluruh Indonesia.

Pada sesi awal sebelum Acara resmi Pembukaan Selasa, Jam 14.00, sudah dilaksanakan Kegiatan berupa Ucapan Selamat Datang dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi yang dihadiri oleh Kabid PAUD-NI, kemudian dilanjutkan dengan Paparan "Gratifikasi dalam Implementasi Akreditasi PAUD PNF oleh Tim Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) Bu Helda Alatas, M.Si. Materi ini merupakan salah satu yang sangat penting difahami agar Pelaksana Akreditasi khususnya Asesor dapat menghindari dan mencegah adanya upaya-upaya gratifikasi yang mengakibatkan nilai-nilai yang buruk terhadap proses akreditasi.


Kegiatan T.O.T Asesor dilaksanakan pada tanggal 15 sd 19 Maret 2016 bertempat di Hotel Horison Bekasi, dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Dirjen PAUD – Dikmas Kemdikbud, Ir Haris Iskandar, Ph.D, Ketua BAN PAUD PNF, Dr. Ing. Ir. Boedi Dahrma Sidi, MSA, Sekretaris BAN, Perdana Afif Luthfy, ST., MT.,dan seluruh anggota BAN PAUD PNF serta asesor yang terpilih sebanyak 204 orang yang berasal dari seluruh Indonesia.



No comments:
Write komentar

Slider 2