Latest Post
Loading...

Feb 21, 2016

Sebaiknya Kita Tahu : Ini Budi..., ini Ibu Budi, ....Ini Bapak Budi....( Memory Belajar Membaca era 80-an )........

 

Ini Budi..., Ini Ibu Budi,...Ini Bapak Budi
Budi pergi ke sekolah.....
Dan seterusnya.........
Karya Siti Rahmani Rauf, Pendidik Kelahiran 1919

Demikianlah Buku Bacaan Belajar Bahasa Indonesia, yang ada di era tahun 80 –an. Dan bagi Anda yang berada di era tersebut, dipastikan kenal dan ingat pelajaran tersebut, termasuk Saya yang juga belajar membaca Bahasa Indonesia.

Dan tentunya bagi Sahabat dan adik-adik yang usia masih muda, tentu melewati era 80-an tersebut , dipastikan tidak mengalaminya.

Metode pembelajaran bahasa yang sekaligus menggunakan alat peraga, yang disebut Struktur Analitik Sintesis (SAS) Bahasa Indonesia tersebut dianggap menyenangkan bagi siswa SD pada masa itu sehingga membantu para murid menjadi lebih cepat bisa membaca.

Buku peraga Ini Budi yang sangat populer itu kemudian digunakan di hampir seluruh kota di Indonesia. "Ini Budi, ini ibu Budi, ini bapak Budi" menjadi kalimat yang terkenal pada era 1980 - 1990-an.
Mengapa Buku "Ini Budi" Begitu Dahsyat?
Dia-lah Siti Rahmani Rauf (lahir di Padang, Hindia Belanda, 5 Juni 1919; umur 96 tahun) adalah seorang pendidik dan penulis buku peraga pelajaran Bahasa Indonesia Ini Budi pada era 1980-an dengan menggunakan tokoh Budi yang kemudian menjadi terkenal di Indonesia.
Siti Rahmani yang telah mengajar sebagai guru sejak tahun 1937 itu mengerjakan buku tersebut pada awal tahun 1980-an setelah ditawarkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, ketika ia sudah pensiun sebagai Kepala Sekolah SDN Tanah Abang 5,Jakarta Pusat, pada tahun 1976. Tawaran tersebut ia terima tanpa meminta bayaran, semata-mata karena kecintaannya pada dunia pendidikan.

sumber : 


No comments:
Write komentar

Slider 2