Latest Post
Loading...

Feb 1, 2016

Guru Daerah Terpencil adakan Kunjungan Peningkatan Mutu

 


Pendidikan merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tanpa pendidikan yang memadai suatu bangsa akan mengalami ketertinggalan bahkan kemerosotan pada segala bidang. Oleh sebab itu tujuan pendidikan nasional mengacu pada pembentukan pribadi yang dewasa dan berkualitas, bermutu, berilmu pengetahuan serta bertaqwa, dengan mengupayakan pendidikan dan pengelolannya dengan baik, benar, teratur, terarah dan berkesinambungan.

Mengingat situasi dan kondisi yang seperti tersebut perlu kiranya tenaga kependidikan diberikan pengenalan serta wawasan yang berbeda dari situasi yang dihadapi sehari-hari, yaitu melalui kunjungan ke sekolah–sekolah yang memiliki latar belakang serta kondisi yang berbeda dari sekolah mereka sendiri.
Program Peningkatan mutu dan pengembangan wawasan bagi tenaga kependidikan sekolah dasar daerah terpencil di Kabupaten Tabalog, merupakan salah satu program Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong dalam rangka membekali, memperkaya dan menambah wawasan tenaga kependidikan sekolah dasar khususnya tenaga kependidikan di daerah terpencil.

Sekolah sebagai pendidikan formal bertujuan membentuk manusia yang berkepribadian, dalam mengembangkan intelektual peserta didik dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.Kepala sekolah sebagai pemimpin pada sebuah lembaga pendidikan formal, punya peran sangat penting dan menentukan dalam membantu para guru dan muridnya.Didalam kepemimpinnya kepala sekolah harus dapat memahami, mengatasi dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terjadi di lingkunagn sekolah secara menyeluruh.Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah yang dipimpinnya, seorang kepala sekolah harus mampu meningkatkan kinerja para pendidik (baca: guru) termasuk tenaga kependidikan yang berada di bawah kewenangannya.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja seorang guru. Maka sebagai pimpinan tertinggi di sekolah, seorang kepala sekolah harus mampu memberikan energi positif yang mampu menggerakkan para guru untuk melaksanakan tugasnya secara sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sehingga kinerja mereka menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.Sebagai pemimpin yang mempunyai pengaruh, seorang kepala sekolah harus terus berusaha agar ide, nasehat, saran dan (jika perlu)instruksi dan perintah dan kebijakannya di ikuti oleh para guru binaannya. Dengan demikian ia dapat mengadakan perubahan-perubahan dalam cara berfikir, dalam bersikap dan dalam bertindak atau berperilaku. Maka menjadi tuntutan bagi seorang kepala sekolah harus selalu merefresh pengetahuan dan wawasan keilmuannya agar nantinya dapat mendukung tugasnya sebagai seorang pimpinan.
Salah satu Upaya untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru dan kepala sekolah dapat dilakukan dengan melaksanakan pengembangan wawasan berupa kunjungan anjangsana ke Lembaga Pendidikan yang lebih maju di Wilayah atau daerah lain yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan.

Sebagaimana yang telah dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, telah melaksanakan kunjungan pengembangan wawasan bagi guru-guru daerah terpencil ke SDN Banjarsari Bandung Kota Jawa Barat, Kamis 15 Januari 2016.
SDN Banjarsari adalah salah satu sekolah dasar negeri di kota Bandung yang dinilai sudah sangat maju dalam segala aspek kelembagaan serta pendidikannya, sesuai dengan Visi SDN Banjarsari yakni BERAKAL IMAN dan TAQWA yang dinilai sangat cocok dengan karakteristik sekolah sekolah dasar negeri khususnya untuk daerah terpencil di wilayah Kabupaten Tabalong.

Adapun rombongan Pengembangan Wawasan dan Peningkatan mutu PTK bagi Guru-guru terpencil Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, dipimpin oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong Bapak Drs. H. Marzuki Hakim, .M.si. bersama Kabid Dikdas, Kabid PPTK, Seluruh Kepala UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan se Kab. Tabalong.

Kedatangan rombongan disambut hangat oleh Kepala SDN Banjarsari dan seluruh Dewan Guru. Acara dimulai dengan Paparan Kepala SDN yang diselingi dengan penampilan murid-murid SDN Banjarsari, ada Tari Bali, Kempo, Menyanyi, Senam Lantai, kemudian dilanjutkan dengan sepatah kata dari Bapak Drs. H. Marzuki Hakim, M.Si. Acara dimtabh dengan Pertandingan Catur antara Guru dari Rombongan Dinas Pendidikan dengan Murid SDN Banjarsari yang merupakan Master catur Nasional.
Acara diakhiri dengan Tukar Cindera Mata antara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong dengan Kepala SDN Banjarsari Bandung.

 Selamat dan sukses !

No comments:
Write komentar

Slider 2