Latest Post
Loading...

Feb 27, 2016

Bimbingan Karier ? Sudahkah ( maksimal ) diberikan guru di sekolah ? Sangat Perlu diberikan kepada Siswa di Kelas 2 SMA/sederajat ?

 

Bimbingan Karier ?

Sudahkah ( maksimal ) diberikan guru di sekolah ?

Sangat Perlu diberikan kepada Siswa di Kelas 2 SMA/sederajat ?

Ketika anak Saya, berada di Kelas 1 SMA, Saya mencoba bertanya kepadanya, Nanti mau melanjutkan kuliah di mana  ? Saya tanya juga, cita-cita ingin menjadi apa ? Anak Saya menjawab : nanti saja di kelas 2 atau kelas 3, Pa. Sekarang masih menyesuaikan dulu dengan jurusan yang ada di SMA.
Ketika pemberian atau penawaran ataupun pembagian Jurusan di tingkat SMA, maka arah yang diinginkan sudah mulai jelas. Di sebagian besar SMA, jurusan yang ada yaitu IPA dan IPS, kecuali SMK Kejuruan.
Proses Pemberian bimbingan karier merupakan pemberian informasi tentang minat, keinginan anak untuk mengetahui potensinya dan seluk beluk dunia kerja. Misalnya anak, setelah selesai SMA, dia akan melanjutkan ke perguruan tinggi mana ? kuliah jurusan apa ? tentunya ini sangat mempengaruhi potensi anak setelah selesai kuliah tersebut.
Bimbingan Karier di Sekolah, yaitu secara umum bertujuan untuk membantu para siswa untuk memperoleh pemahaman diri dan pengarahan diri dalam proses persiapan diri untuk bekerja dan berguna dalam masyarakat maka dari itu untuk mencapai tujuan tersebut perlu kiranya disusun suatu program Bimbingan Karier yang di rencanakan dengan matang.
Pemberian bimbingan karier di sekolah, sangat signifikan mempengaruhi keberlangsungan anak di masa depannya. Peranan Guru di kelas, apalagi ada guru khusus yang diberi tugas untuk menjadi guru pembimbing karier, maka menjadikan siswa lebih terarah, lebih mengerti dan memahami langkahnya dalam melanjutkan dunia pendidikan dan memasuki dunia kerja.
Para siswa yang melanjutkan pendidikannya, maupun yang langsung bekerja, tidak langsung demikian saja tetapi melalui suatu proses pengambilan keputusan mengenai suatu pekerjaan yang dipilihnya. Hal tersebut sangatlah kompleks dan memerlukan sebanyak-banyaknya informasi, pengetahuan,  pertimbangan,  dan didalamnya terkandung suatu harapan dan keyakinan atas apa yang di perbuat.
Guru yang diberikan tugas sebagai Pembimbing karier, juga dipilih dari seorang profesi guru yang mempunyai wawasan cukup luas tentang jenjang pendidikan tinggi, peluang kerja dimasa depan anak. Maka perencanaan bimbingan karier sangat diperlukan agar proses pengenalan seluk beluk dunia kerja lebih difahami siswa.
Peran Orang tua dalam Bimbingan Karier Anak
Jelas sekalia, fungsi dan peran orang tua di rumah menentukan dalam pemberian bimbingan karier anak karena setiap kali aktivitas anak di rumah bisa diselingkan dengan pemberian wawasan tentang masa depan anak, seluk beluk perguruan tinggi dan dunia kerja setelah anak menyelesaikan pendidikan di SMA.

Dengan demikian, pemberian bimbingan karier bagi siswa sangat penting, agar siswa tidak bingung dihadapkan dengan mau kuliah dimana ? nanti kerja apa ? Jadi, dampingilah anak kita dalam menentukan masa depannya.

Tanjung, 28 Maret 2016.

No comments:
Write komentar

Slider 2