Latest Post
Loading...

Jan 22, 2016

Pertemuan KKKS dan Pembaharuan Kelompok Kerja Guru Kec. Muara Uya 2016

 

Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa kinerja guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang diharapkan melaksanakan PAKEMI masih bervariasi dan kualitasnya masih perlu peningkatan, dan forum KKG merupakan salah satu wadah terdekat untuk meningkatkan mutu dan kompetensi guru. Melalui pertemuan dalam kegiatan KKG untuk guru SD/MI dan MGMP untuk guru SMP/MTs inilah diharapkan guru selalu berkomunikasi, sharing dan mendapatkan wawasan tentang kompetensi keprofesionalannya.
Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut adanya pro aktif dari setiap orang yang peduli terhadap perkembangan pendidikan.Guru dituntut untuk bersikap profesional sebagai pendidik apalagi dengan lahirnya Peraturan Pemerintah Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru yang menuntut guru untuk memiliki pendidikan relevan dengan yang diampunya,dan memiliki kompetensi antara lain : Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Profesional dan Sosial.
Sedangkan untuk Kepala Sekolah sebagai Pendamping utama guru-guru di sekolah dituntut memiliki Kompetensi yang sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor13 Tahun 2007 yaitu :
Kompetensi Kepribadian, Manajerial, Kewirausahaan, Supervisi, dan Sosial.
Sedangkan Pengawas Sekolah sebagai Pembina Teknis, perlu memiliki bekal untuk bahanpembinaan terhadap Kepala sekolah dan Guru, dengan mempelajari, memahami dan melaksanakan Peraturan Menteri Nomor 12 Tahun2007 Tentang Standar Kompetensi Pengawas Sekolah yang meliputi : Kompetensi Kepribadian, Supervisi Manajerial, Supervisi Akademik, Evaluasi Pendidikan, Penelitian Pengembangan dan Sosial. Untuk meningkatkan Kompetensi guru perlu pelaksanaan pendampingan dari Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah terutama dalam kegiatan KKG/MGMP.
Demikian hal ini disampaikan oleh Kepala UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan Muara Uya dan Kecamatan Jaro Bapak H. Shopia elhadi, S.Ag., M.M.Pd.., dalam pertemuan Kelompok Kerja Kepala Sekolah/Madrasah se Kecamatan Muara Uya dan Kecamatan Jaro yang dilaksanakan pada Hari Rabu, 13 Januari 2016 di SDN 2 Pulau Kuu Kecamatan Muara Uya.
Di kesempatan lain, Pada Hari Kamis, 21 Januari 2016, hal tersebut juga diungkapkan kembali oleh Kepala UPT Inspeksi Pendidikan, Bapak H. Shopia elhadi, S.Ag., M.M,Pd., ketika pertemuan perdana Tahun 2016 KKG Rayon 2 Kecamatan Muara Uya yang terdiri dari Para Guru Umum  Kelompok SDN 1 Palapi, SDN 2 Palapi, SDN Lumbang, SDN Randu, SDN 1 Mangkupum, SDN 2 Mangkupum dan SDN Kampung Baru. Pada pertemuan KKG ini juga dibentuk kembali kepengurusan KKG Rayon 2 yang baru yang diketuai Bapak Giyarto, S.Pd.SD.

Selain dihadiri Kepala UPT, juga dihadiri oleh Pengawas Pembina Bapak H. Mukeran, S.Pd., Bapak Ahmad Sapawi, S.Pd. 

No comments:
Write komentar

Slider 2