Latest Post
Loading...

Jan 10, 2016

Menyongsong Tantangan M.E.A 2016

 

Menyongsong Tantangan M.E.A 2016

Senin, 04 Januari 20161komentar

MEA & NEW CHALLENGE 2016

MEA sdh efektif:


Tanpa upacara khusus, hari kemarin 31 Desember 2015, secara resmi MEA mulai diberlakukan. Dalam MEA, pasar untuk produk kita tidak lagi sebatas 240 juta pernduduk Indonesia, tetapi 615 juta penduduk di 10 negara ASEAN.

Tahukah anda bahwa kesepakatan pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN muncul pada saat KTT ASEAN ke-9 di Bali tahun 2003.

Dalam blueprint Masyarakat Ekonomi ASEAN itu terdapat empat pilar pendekatan strategis. Yakni menuju pasar tunggal dan basis produksi, menuju wilayah ekonomi yang berdaya saing tinggi, menuju kawasan dengan pembangunan ekonomi yang seimbang, dan menuju integrasi penuh dengan ekonomi global.

MEA secara ringkas berisi lima hal: diberlakukannya arus bebas antar sesama negara di ASEAN, meliputi :

1. Arus bebas Barang
2. Arus bebas Jasa
3. Arus bebas TK Trampil.
4. Arus bebas Modal
5. Arus bebas Investasi

Untuk kelima hal tersebut, kita punya kesempatan yang sama. Apakah kita akan menyerbu negara Asean lain dengan Barang, Jasa, Tenaga Kerja Trampil, Modal dan Investasi, atau sebaliknya justru kita yang akan diserbu. Semuanya terpulang kepada kita.

NEW CHALLENGE 2016

Begawan Pemasaran Hermawan Kertajaya menyampaikan penerapan MEA tgl 1 Januari 2016 ini. Sdh ditandai dg adanya 1.000 supir taxi di Filipina yg belajar bahasa Indonesia, Ratusan pebisnis Thailand yg intensif mempelajari bahasa Jawa, intinya tahun 2016 adalah tahun pemanasan menuju pasar tunggal ASEAN dimana bukan hanya "flow of product" yg sangat tinggi, namun jg "flow of services & human" nya.

Ayo siapkan diri utk semakin profesional & excellence.

No comments:
Write komentar

Slider 2