Latest Post
Loading...

Jan 30, 2016

Anjangsana Kepala Sekolah Kec. Kusan Hilir Kab. Tanah Bumbu ke Muara Uya.

 

Pendidikan merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tanpa pendidikan yang memadai suatu bangsa akan mengalami ketertinggalan bahkan kemerosotan pada segala bidang. Oleh sebab itu tujuan pendidikan nasional mengacu pada pembentukan pribadi yang dewasa dan berkualitas, bermutu, berilmu pengetahuan serta bertaqwa, dengan mengupayakan pendidikan dan pengelolannya dengan baik, benar, teratur, terarah dan berkesinambungan.
Sebagai pimpinan di sekolah, kepala sekolah juga dituntut untuk memiliki managerial skill, kemampuan sebagai supervisor, dan kemampuan dalam pembinaan kurikulum sekolah. Dengan banyaknya tugas serta tuntutan kemampuan seorang kepala sekolah, maka untuk menjadi seorang kepala sekolah harus memenuhi syarat-syarat tertentu yang meliputi syarat formal (jenjang pendidikan dan ijazah), pengalaman kerja dan kepribadian.
Berdasarkan Permendiknas No 13 Tahun 2007 mengenai standar kompetensi bagi kepala sekolah, ada lima aspek kompetensi yang harus ada dalam diri seorang kepala sekolah yakni, kompetensi kepribadian yang menyangkut integritas dan kejujuran; kompetensi sosial yang mencakup hubungan antar manusia dan hubungan baik dengan sesama, kompetensi manajerial yang terkait kemampuan kepala sekolah mengelola sekolah dan sumber daya yang ada di sekolah.
Pengembaangan (development) merupakan proses yang dibuat untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia yang diperlukan untuk memecahkan berbagai macam persoalan dalam pencapaian tujuan lembaga, yang dititikberatkan pada self relization atau self development. Castetter (1996) strategic planning for human recources, recruitmen, selestion, induction, development personel, perfomance, apprasial, employ-ment justice and continuity, information technology, compensation, and bargaining.
Oleh karena itu dalam merencanakan pengembangan personil tidaklah mudah, ada beberapa prosedur yang harus ditempuh dan harus dipertimbangkan.


Sekolah sebagai pendidikan formal bertujuan membentuk manusia yang berkepribadian, dalam mengembangkan intelektual peserta didik dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.Kepala sekolah sebagai pemimpin pada sebuah lembaga pendidikan formal, punya peran sangat penting dan menentukan dalam membantu para guru dan muridnya.Didalam kepemimpinnya kepala sekolah harus dapat memahami, mengatasi dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terjadi di lingkunagn sekolah secara menyeluruh.Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah yang dipimpinnya, seorang kepala sekolah harus mampu meningkatkan kinerja para pendidik (baca: guru) termasuk tenaga kependidikan yang berada di bawah kewenangannya.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja seorang guru.Maka sebagai pimpinan tertinggi di sekolah, seorang kepala sekolah harus mampu memberikan energi positif yang mampu menggerakkan para guru untuk melaksanakan tugasnya secara sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sehingga kinerja mereka menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.Sebagai pemimpin yang mempunyai pengaruh, seorang kepala sekolah harus terus berusaha agar ide, nasehat, saran dan (jika perlu)instruksi dan perintah dan kebijakannya di ikuti oleh para guru binaannya. Dengan demikian ia dapat mengadakan perubahan-perubahan dalam cara berfikir, dalam bersikap dan dalam bertindak atau berperilaku. Maka menjadi tuntutan bagi seorang kepala sekolah harus selalu merefresh pengetahuan dan wawasan keilmuannya agar nantinya dapat mendukung tugasnya sebagai seorang pimpinan.
Salah satu Upaya untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru dan kepala sekolah dapat dilakukan dengan melaksanakan pengembangan wawasan kunjungan anjangsana ke Wilayah atau daerah lain yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan.

Hal ini sebagaimana yang telah dilaksanakan oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah/Madrasah ( K3S/M ) lingkungan Unit Pendidikan Kecamatan ( UPK ) Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu yang melaksanakan anjangsana Pengembangan wawasan kunjungan ke Wilayah UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan Muara Uya dan Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong, hari ini Sabtu, 30 Januari 2016 s/d 31 Januari 2016, bertempat di SDN 1 Pulau Kuu Kecamatan Muara Uya
Adapun Rombongan tamu terdiri Kepala UPK ( Unit Pendidikan Kecamatan ), Pengawas SD beserta Para Kepala Sekolah/Madrasah ( K3S/M ) dan beberapa orang guru lingkup UPK Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu berjumlah 55 orang.
Dalam sambutan Pengantar oleh Ketua Panitia, Guru Abdul Khalid, S.Pd. menyampaikan terima kasih atas kunjungan rombongan Kepala Sekolah ke Kecamatan Muara Uya.

Kemudian dilanjutkan dengan Kata Sambutan dari Ketua Rombongan, Bapak Zarkasi, selaku Kepala Unit Pendidikan Kecamatan Kusan Hilir, yang menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan, sambutan dari Warga Guru dan Kepala Sekolah dilingkungan UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan Muara Uya dan Kecamatan Jaro, Dia juga memperkenalkan seluruh anggota rombongan yang ikut kegiatan anjangsana ini.
Dalam acara penerimaan rombongan juga disampaikan Kata sambutan Kepala UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan Muara Uya dan Jaro, Bapak H. Shopia elhadi, S.Ag., M.M.Pd., yang sangat berbahagia dan gembira atas kedatangan Sahabat Guru dan Kepala Sekolah yang dipimpin Kepala UPK Kusan Hilir dari Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu.
Pada saat penerimaan tamu juga diadakan selingan hiburan penyambutan berupa Tari Kuda Gepang yang dipersembahkan oleh Murid-murid SDN 2.3 Ribang Kecamatan Muara Uya, kemudian Tari Japen dari Murid SDN 1 Pulau Kuu, Binaan Kepala SDN 1 Pulau Kuu, H. Rambat, S.Pd.M.M., dan Penampilan Tari Banjar oleh SDN 2 Pulau Kuu Binaan Kepala Sekolah Bapak H. Noreffansyah, S.Pd.

Selain silaturrahim dan pengembangan wawasan tentang peningkatan mutu Kepala Sekolah dan guru, maka malamnya juga diadakan pertandingan persahabatan berupa Olahraga : Catur, Futsal, tenis Meja, Badminton, kemudian esok paginya Pertandingan Bola Voli antara guru Olahraga dari kedua pihak.
Acara Silaturrahim dan anjangsana ini berlangsung sampai dengan esok Minggu, 31 Januari 2016, dan dilanjutkan menuju Kecamatan Bintang Ara.

 Selamat !

1 comment:
Write komentar

Slider 2